Benar Adanya Belanda Meninggalkan Sejarahnya Di Indonesia

Sejak zaman dulu sudah jelas sekali Belanda sangat berpengaruh terhadap keseluruhan yang menyangkut negara Indonesia ini. dimaan ini diambil dari sejarah mengenai penjajahan negara Belanda terhadap Indonesia. Masa penjajahan yang ada di indonesia oleh orang-orang Belanda sana tidaklah langsung dimulai begitu saja ketika orang Belanda untuk pertama kalinya datang ke Indonesia. Di sekitaran abad 16 yang silam. Dimana ini berbanding terbalik mengenai proses dari penjajahan Belanda yang terbilang cukup lambat dan juga bertahap serta beralngsung cukup lama hingga beberapa abad lamanya sebelum Indonesia mencapai batasan-batasan wilayahnya saat ini. dari sejarah yang beredar, kurang lebihnya sudah 350 tahun Beladna menjajah Indonesia ( benar atau tidaknya, ini si mengikuti sejarah yang meamng sudah ada ya gengs ).

Bangunan Bersejarah peninggalan dari Belanda

Dimana pada masa inilah, Beladna memberikan sekali penderitaan serta kesengsaraan. Dimana adanya pembunuhan terhadap rakyat-rakyat di indonesia serta membuat rakyat kesusahan dalam hal pangan sampai pada mati kelaparan. Kurang manusiawi memang pada masa penjajahan tersebut ( Yaiyalah yah, mana ada penjajahan yang manusiawi sih ).

Namun, terlepas dari itu semua, Belanda juga sempat meninggalkan banyak sekali bangunan-bangunan tua yang ada di Indonesia ini. dimana bangunan ini bukan hanya 1 atau 2 saja di setiap daerah, namun cukup banyak sekali apda tiap-tiap daerah yang ada di indonesia ini. dimana bangunan tua ini meninggalkan begitu banyak sbobet88 nilai estetika yang tinggi serta meninggalkan banyak sekali sejarah yang ada di dalam bangunan tua tersebut.

Bangunan Tua Peninggalan Penjajahan Belanda

#1 Bangunan Villa Isola

Lokasinya : Bandung, Jawa Barat

Villa Isola

Dimana untuk awal bangunan tua milik Belanda ini merupakan vila dari seorang jutawan yang memiliki nama “ Dominique Willem Barrety “ dengan bangunan yang berdiri sejak tahun 1933 silam. Lambat laun, peninggalan ini pun di jual dan di beli oleh Hotel Savoy Homman yang selanjutnya bangunan tua Belanda ini dimiliki sepenuhnya oleh UPI Bandung.

Untuk saat ini, bangunan tua tersebut berubah nama menjadi Bumi Siliwangi, dengan tata leatknya di pinggiran kota Bandung di Jl. Setiabudhi yang akan menuju ke arah Lembang, Bandung. Yang harus kalian ketahui dari bangunan tua ini ialah bangunan yang menjadi saksi biksu dari amsa kejayaan Pemerintahan Belanda saat sedang menjajah Indonesia.

 #2 Bangunan Lawang Sewu

Lokasinya : Semarang, Jawa Tengah

Lawang Sewu

Ini menjadi salah satu lokasi yang paling sering dikunjungi oleh wiatawan lokal maupun mancanegara sebagai salah satu destinasi liburan sekaligus mencari tahu sejarah yang terdapat di dalamnya. Dimana bangunan ini masih saja kokoh sejak dibangun untuk pertama kalinya pada tahun 1904 tepat di bunderan Tugu Muda, Semarang, Jawa Tengah. dulunya fungsi dari bangunan tua yang dibangun oleh orang Belanda ini memang untuk dijadikan sebuah kantor utama dari Netherlands Indische Spoorweg Maatschappij ( NIS).

Dari namanya yang diambil dalam bahasa Jawa, Lawang = Pintu, Sewu = 1000, yang berarti adalah bangunan dengan Pintu Seribu. Yang usut punya usut nih karena tempat ini peninggalan dari Belanda Kuno, maka terlihat angker dan banyak yang bilang dihuni oleh kebanyakan noni Belanda. Namun, dari banyaknya kabar yang beredar itu, tetap sja, tempat ini amsih mendominasi untuk dijadikan sebuah destinasi wisata yang cocok sekali karena nilai estetikanya bisa kalian lihat sendiri. Rasa merinding-merinding dengan cerita yang berbau mistis atau horor ini seketika hilang setelah kalian mengunjungi tempat tersebut.

#3 Bangunan Gereja Katedral

Lokasinya : Jakarta

gereja Katedral

Katedral sendiri merupakan agama bagi umat Katolik. Jadi, dimana gereja ini di khususkan untuk orang-orang yang memang beragama Katolik untuk melakukan sembahyang sesuai dengan kepercayaannya itu. Untuk bangunannya sendiri sudah berdiri sejak tahun 1901 dengan nama lainnya yakni Santa Maria sang Pelindung yang Diangkat Ke Surga. Arsitek dari bangunan ini sendiri beranama Marius Hulswit yang memang berasal dari Belanda langsung. Uniknya dari bangunan bersejarah ini ialah, Berdekatan langsung dengan Masjid Istiqlal yang memiliki gaya arsitektur neo gotik ( Nuansa-nuansa Eropa ).

Untuk awalannya bangunan tua ini di bagian atasnya akan dibentuk sebuah kubah, namun melihat geografis Indonesia sendiri yang sangat rawan akan adanya gempa, maak dirubahlah menjadi sebuah logam. Hingga pada akhirnya tempat ini pun dijadikan tempat sembahyang bagi kaum Katolik yang ada di Indonesia.

 #4 Bangunan Istana Buitenzorg

Lokasinya : Bogor

Istana Bogor

Hayo warga Bogor, tahu gak mengenai bangunan Belanda yang satu ini ? aduh aduhhh,.. kalau gak tahu kebangetan banget nih kalian selaku warga Bogor hehehe. Wajar saja jika kalian agak-agak kurang tahu dengan bangunan tua peninggalan Belanda ini. dimana untuk pertama kalinya bangunan ini bernama Istana Kepresdenan RI di Bogor. Nah, baru tahu kan jika Istana Kepresidenan RI disana merupakan salah satu peninggalan dari Belanda. Dimana tahun 1744 menjadi tahun dibangunnya bangunan ini oleh Gubernur Jendral Van Imhoff yang takjub akan adanya keindahan desa kecil yang berada di Bogor.

Dahulunya terdapat 3 lantai dari bangunan yang satu ini, yang dimana dibuat hampir mirip dengan Bllehheim Palace di Oxford Inggris. Yang membuat menarik ialah tempatnya berada dekat dengan Kebun Raya Bogor.

#5 Bangunan Museum Fatahillah

Lokasinya : Jakarta

Museum Fatahillah

Dengan bangunana dulunya itu bernaam Batavia. Kurang lebih untuk pembangunan museum ini sekitar 1707 hingga tahun 1710. 3 tahun lamanya gedung tua ini dibangun oleh orang-orang Belanda, atas perintah langsung dari Gubernur Jendral Jihan Van Hoom. Jika kalian pernah mengunjungi Amsterdam dan juga melihat Istana Dam, amaka kalian bisa lihat bahwasannya Museum ini kembarannya dari Istana Dam sana.

Pada tahun 1974 silam, geudng ini pun beralih fungsi dengan adanya peresmian yang menjadikan Museum Fatahillah berada di jalan Taman Fatahillah no 2 di Jakarta Barat. Dengan gaya arsitekturnya no klasik serta memiliki 3 lantai pada bangunannya.

#6 Bangunan Gedung Sate

Lokasinya : Bandung

Dimana untuk banguanan tua ini memiliki ciri tersendiri yakni adanya sebuah ornamen yang menyerupai tusuk sate pada menara gedungnya dan juga menjadi salahs atu peninggalan Belanda yang masih berjaya di Bandung, Jawa Barat ini. tepatnya bangunan ini sudah ada sejak tahun 1902 sampai saat ini berdiri dengan kokoh di alun-alun kota Bandung sana. Gedung sate ini pun kemudain dijadikan sebagai salah satu gedung dengan pusat pemerintahan Jawa Barat, yang dimana untuk arsitekturnya sendiri di desain oleh Ir. J Gerber serta kelompoknya yang tidak akan pernah lepas dari adanya masukan arsitek Beladna yakni Dr. Hendrik Pettrus Berlage.meski seperti itu, bangunan ini masih banyak sekali ko sejarah yang tertinggal disana mengenai Negara Belanda bagi warga di Bandung sana.

Dari beberapa tempat ini, bisa kalian kunjungi sebagai salah satu destinasi wisata kalian ko. Jangan takut bosan, justru dari bangunan tua bekas Belanda ini bisa kalian dapati banyak sejarah dan juga tempat-tempat yang keren ko pastinya.